terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Translate

27.12.11

tips merawat rambut pria

   Siapa bilang merawat rambut dimonopoli oleh kaum wanita. Saat ini, sudah banyak loh... kaum pria yang rajin ke salon untuk merawat rambutnya. Salah ? nggak ada salahnya kok.... selama memang untuk kesehatan dan kebersihan. Berikut adalah tips-tips yang dikumpulkan dari sejumlah penata rambut ternama tentang perawatan rambut yang sebaiknya dilakukan oleh kaum pria.

1. Potong rambut sebulan sekali.
Rambut pria cenderung melebar ke samping, membuat tulang pipi dan dagu 'terbenam' di dalamnya. Jadi, kecuali anda ingin tampak seperti Shaggy dalam film Scooby Doo, lebih baik pastikan anda mencukur rambut setidaknya enam minggu sekali.

2. Bentuk potongan rambut di bagian belakang sebaiknya mengikuti bentuk kepala. Mencukur rambut di bagian leher juga akan membuat penampilan anda lebih rapih, yang akan menampilkan garis rahang anda secara lebih jelas.

3. Selalu gunakan kondisioner setelah mencuci rambut. Kondisioner akan 'mengempeskan' kutikel rambut, sehingga potongan rambut anda akan lebih jelas terlihat. Selain itu, kondisioner juga menyeimbangkan kondisi rambut--karena shampo biasanya bersifat asam sedangkan kondisioner bersifat basa.

4. Bila ingin meng-highlight rambut anda, jangan memilih warna yang terlalu mencolok. Pertahankan warna aslinya, dan minta pada penata rambutnya untuk meng-highlight daerah yang biasa tertimpa sinar matahari. Ingat juga, rambut hitam atau gelap, bila di-highlight akan memberi hasil kemerahan, bukan pirang.

5. Satu lagi yang tak boleh dilupakan bila anda mencat atau meng-highlight rambut anda, selalu gunakan produk perawatan rambut khusus untuk rambut berwarna--yang biasanya mengandung kondisioner lebih banyak untuk mengatasi rambut yang kering karena zat kimia dalam pewarna dan zat tabir surya (mengingat sinar matahari biasanya menguraikan pewarna rambut dan merusak tekstur rambut).

6. Jika ingin menutupi uban, sebaiknya anda berhati-hati bila memutuskan untuk mencat rambut sendiri di rumah. Bahkan pewarna rambut alami pun bervariasi kisaran warnanya. Sebaiknya anda menemui penata rambut profesional untuk mengkonsultasikannya lebih dulu. Jangan sampai, alih-alih menutupi uban, anda malah akan tampak seperti habis di-highlight.

7. Karena biaya perawatan rambut di salon sekarang lumayan mahal, apalagi untuk meng-highlight atau mengecat rambut, pastikan anda memperoleh manfaat yang sepadan dengan uang yang anda keluarkan. Biasanya mereka memberikan konsultasi gratis untuk potongan rambut dan jenis cat yang sebaiknya anda pilih, gunakan kesempatan ini untuk menanyakan apa saja yang ingin anda ketahui, melihat gambar-gambar contoh potongan rambut dan cat rambut yang ada, dan pastikan penata rambut anda mengerti keinginan anda.

8. Kata orang, yang paling sulit adalah menemukan potongan rambut yang cocok untuk anda. Setelah itu, biasanya anda hanya tinggal perlu merapikannya sebulan sekali dengan mengikuti garis-garis potongan yang telah ada sebelumnya. Dan biasanya, potongan selanjutnya lebih cepat dan lebih murah daripada yang pertama.

sumber : rileks.com
Comments
1 Comments

1 komentar: